Perlengkapan Haji dan Umroh

Bismillah,

Masya Allah, Tak terasa Musim Haji 1437 H sudah didepan mata, waktu terasa cepat berlalu. Masih kebayang rempongnya kami mempersiapkan segala sesuatu perlengkapan perjalanan haji. Intinya adalah sama seperti saat kita melakukan perjalanan kemanapun yang  harus diingat adalah ” KENALI MEDAN DAN  AKTIVITAS SELAMA PERJALANAN.” ga mungkin kan ke negara gurun pasir yang suhunya rata-rata diatas 40 c, lagi musim panas pulak. kita bawa mantel seabrek-abrek, Paneeh Angeeeek !! kalo kata orang paris (Pariaman Sekitarnya). Bawa baju seabrek-abrek ternyata yang dibawa baju untuk syuting padahal mau ibadah.

Baiklah semoga daftar bawaan  berikut ini bisa menjadi masukan untuk calon haji dan umroh. Bedasarkan pengalaman pribadi dengan perjalanan 40 hari, sehingga untuk yang perjalanannya lebih pendek bisa menyesuaikan

  1. Pakaian dan penunjangnya

A. Wanita

  1. Baju Ihram 1 stel : Sebaiknya putih. Banyak jamaah wanita Indonesia yang memakai sarung tangan ihram yang menutup punggung tangan, yang menurut saya itu malah sangat menganggu dan tidak efektif. Jika kita faham mana batasan aurat Insyaallah sarung ini tidak dibutuhkan.    Sumber Google
  2. Baju Gamis/Atas dan bawahan : 2 stel ===> Dipakai untuk sehari-hari bolak-balik masjid.
  3. Jilbab ; 3 Pcs ===> Saya membawa yang ukuran jumbo sehingga sangat bermanfaat untuk sebagai pakaian sholat saat ke masjidil harom.
  4. Mukena : 1 stel ===> untuk sholat di kamar jika dibutuhkan
  5. Sajadah : 1 pc ===> Bahan yang ringan dan mudah dilipat sehingga tidak banyak menambah beban saat berangkat ke Masjid
  6. Kulot : 2 pcs  ===> berbahan nyaman sebagai dalaman gamis
  7. Singlet Kaos berbahan nyaman 3 pcs===> Saya sempat membeli dalaman / singlet yang bersaku  dengan tujuan tuk menyimpan uang atau surat-surat berharga. namun sayang malah tidak terpakai karna bahannya tebal sehingga kurang nyaman.
  8. Kaos Kaki jari : 6 pcs ===> Saya tidak begitu rekomendasikan kaos kaki yang khusus untuk wudhu ya, karena malah menggangu saat berjalan. apalagi jika sering thawaf bisa mengakibatkan telapak kaki kapalan dan lecet.
  9. Daster Batik 2 pcs ===> Untuk di kamar. Saya baru menyadari setelah di Makkah dan Madinah ibu-ibu Indonesia banyak yang menggunakan baju batik panjang dan ternyata itu sangat sangat nyaman untuk dipakai sehari-hari selama di tanah suci. bukan hanya untuk busana tidur saja.
  10. Bra dan Celana Bahan @ 5 pcs
  11. Celana Kertas : 3 pack  ===>Berguna untuk perjalanan panjang seperti dari tanah air  ke Arab dan sebaliknya, begitu juga saat puncak-puncak haji di Arofah, Muzdalifah dan Mina. sayang tak ada yang jual bra kertas hehehehe.
  12. Pembalut dan Pantyliner @1 pc === > sesuai kebutuhan saja
  13. Ciput Jilbab ===> 2 pcs
  14. Sisir dan Karet Rambut 1 pack===> Hal penting namun sering terlupakan
  15. Peniti dan Jarum Pentul @ 1 pack
  16. Niqob / Cadar ===> bisa didapatkan di toko-toko di tanah suci. Bermanfaat sekali tuk menahan panas terik dan debu saat perjalanan. berhubung saya termasuk yang tidak telaten menggunakan lotion sunscreen.
  17. Handuk kecil : 3 pcs
  18. Handuk Mandi  :1 pc
  19. Tisu Mandi 2 pc

B. Pria

  1. Perlengkapan Ihrom 2 stel : Khusus untuk pria disarankan kain ihrom ukurannya yang tidak sangat besar dan berbahan tidak tebal bagaikan kain handuk hotel hehehe, karena seringkali para bapak-bapak ribet dengan ihromnya yang berjuntai kedodoran belum lagi tebalnya yang terkadang bikin gerah.
  2. Baju Koko atas bawah : 2 stel
  3. Gamis Cowok : 2 Stel
  4. Celana  panjang: 2 Pcs ===>
  5. Singlet bersaku : 3 pcs
  6. Celana Kertas 3 Pack
  7. Khuf sepatu yang bisa digunakan untuk thawaf sunnah . bermanfaat untuk mengurangi kaki pecah-pecah dan lecet berhubung pria tidak menggunakan kaos kaki. Wanita juga bisa memakainya    Sumber : Google
  8. Handuk kecil  3 pcs
  9. Handuk Mandi 1 pc
  10. Pakaian santai / tidur untuk di kamar  2 pcs

Yang terpenting dari pakaian adalah bawalah yang bahannya gampang untuk dicuci dan tidak gampang kusut dan sebaiknya berwarna gelap untuk mengurangi kesan kumuh. kecualiii mau ribet-ribet riya mencuci tiap saat dan rajin setrika.

Masih banyak terlihat jamaah wanita yang belum memperhatikan batasan berpakaian, sehingga tidak jarang saat masuk ke masjidil harom akan diusir oleh asykar. contohnya, memakai celana panjang  dengan atasan diatas pinggul, ditambah pulak dengan mukena yang pendek. Dan tak jarang ibu-ibu dengan gamis yang menerawang biasanya bahan ceruti atau chifon dan berwarna terang pulak.

2. Perlengkapan Doa, Gadget,

  1. Alquran Terjemahan 1 pc ===> Bawa yang ukurannya kecil namun nyaman dibaca. Teman sekamar saya membawa Alquran terjemahan perJuz  , Beliau membawa perhari 1 Juz.  Sehingga memudahkan dalam mencapai target tilawah dan tadabur ayat Alquran. Seperti gambar dibawah ini (sumber google)
  2. Buku kumpulan Doa 1 pcs ===>Sebaiknya dibawa yang ukurannya kecil dan kertasnyaa dilaminating dan diberi tali gantungan , sehingga tidak gampang lecek apalagi sobek.
  3. Handphone beserta perlengkapannya ( Charger, Powerbank, Batrai cadangan, kabel data, universal converter plug dsb)
  4. Kamera beserta perlengakapannya

3. Perlengkapan Mandi, Mencuci 

  1. Toiletres Sabun, Shampo, Sikat Gigi, Odol, yang biasa dipakai ===> Sesuaikan dengan kebutuhan harian.
  2. 1 set perlengkapan toiletries Wardah Paket Haji dan Umroh(Non Perfume)===> Wardah menyediakan Paket Haji dan Umroh yang  tidak mengandung parfum dan alkohol dan ini dibutuhkan untuk selama memakai ihrom.
  3. Detergen Sachet dan pewangi===> sesuai kebutuhan
  4. Sabun colek dan sikat kamar mandi kecil===> Saya sengaja membawa ini untuk membersihkan kamar mandi. makluuum jiwa pembokat selalu berjaya didalam diri sayah, sehingga suka gatel lihat toilet bau dan jorok. jadi tak perlu menunggu cleaning service hotel tuk membersihkannya mengingat banyaknya jamaah tentu tidak semua terlayani dengan baik.
  5. Setrika ===> Saya membawa yang ukuran kecil tapi ya gituu panasnya mood -moodan tapi lumayan laaah tuk merapikan baju. hehehehe
  6. Tali Jemuran 1 pc ===> Tersedia di Carefour, alfamart, indomart dan sejenisnya.. kalo ga sempat beli, tali rapia juga oke. Pengalaman sebagai Haji Mandiri tahun lalu, hotel kami menyediakan mesin cuci dan  lantai teratas untuk menjemur pakaian. Kalau tidak mau ribet cuci gosok, juga tersedia laundry asal kuat pulus ajaah.

4. Obat-obatan

Biasanya saat cek kesehatan akan diberikan list obat yang diperlukan jemaah haji sesuai kondisi kesehatannya, Dan dari Petugas kesehatan haji juga disediakan obat yang lengkap dan terkadang jumlahnya tidak cukup.  tapi sedikit saya tambahkan obat yang sebaiknya juga dibawa sendiri.

Maaf saya menyebutkan merk disini biar lebih gampang mengingatnya.

  1. Neurobion
  2. Balsem / Minyak Angin ===> saya membawa Safecare saat ke masjid dan sengaja membawa dengan jumlah lebih, jadi jika ada yang membutuhkan bisa dibagi.
  3. Counterpain
  4. Obat Batuk ===> Batuk umum dirasakan jamaah haji bahkan sampai kembali ke tanah air
  5. Minyak kayu putih
  6. Lotion tuk pelembab kulit dan kaki pecah-pecah
  7. Obat anti mabuk
  8. Obat Flu
  9. Obat Sakit kepala
  10. Obat penunda haidh bagi wanita yang menggunakan

5. Dokumen, Uang dan Kartu

Dokumen yang berhubungan dengan haji sebaiknya difotokopi baik untuk diri sendiri juga untuk keluarga yang ditinggalkan. Seperti surat berangkat haji, passport dan lembaran Visa. dsb ===> HAji Mandir mendapatkan passport yang sudah ada visa Arab Saudi saat di asrama haji, jadi tidak sempat fotokopi visa, Akhirnya hanya difoto dengan camera Hp. Berguna sekali  jika bepergian diluar kegiatan haji dan umroh di Arab Saudi dan tiba-tiba diminta dokumen penting sedangkan passport ditahan oleh supir (Untuk Haji Mandiri passport diserahkan ke supir saat di Jeddah dan dikembalikan lagi di bus saat kepulangan ke tanah air).

6. Perlengkapan Lainnya

  1. Kacamata serep ===> bagi yang berkacamata
  2. Kacamata Hitam ===> Sebaiknya bagi yang berkacamata skalian dengan ukuran yg sehari-hari dipakai. karena kacamata hitam di negara sepanas arab bukanlahuntuk gaya-gayaan.
  3. gunting kuku 1pc
  4. gunting kecil 1pc
  5. pisau 1 pc===> biasa untuk kupas buah-buah
  6. plastik sampah 1 pack === > bisa digunakan untuk simpan kain kotor, buang sampah
  7. Tissu basah 1 bungkus
  8. Tissu Kering 1bungkus

7. Makanan, Minuman dan perlengkapannya

  1. Teh dan Kopi Sachet, sesuai kebutuhan
  2. Gula Sachet
  3. Makanan kering (seperti abon, rendang, teri kentang, dsb) ===> Jika membawa dalam jumlah yang cukup banyak sebaiknya dibagi-bagi dalam plastik kecil sehingga dikeluarkan sesuai kebutuhan dan sisanya bisa disimpan di kulkas hotel
  4. piring, mangkok sendok dan gelas dari bahan melamin/plastik : secukupnya
  5. sabun pencuci pring dan spon

Dan tentunya masing-masing calon haji dan jamaah umroh berbeda kebutuhan dan kebiasaannya. Semoga list diatas bermanfaat.

Iklan

One thought on “Perlengkapan Haji dan Umroh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s